Bentuk Kubah Masjid

Zaman dahulu Arsitektur masjid pada zaman Rasullullah bisa pula digolongkan dalam desain masjid yang minimalis hanya berada di tanah luas dan di buat pembatas dikiri kanannya, dan saat itu kubah masjid juga belum digunakan. Untuk arsitektur pada zaman sekarang ini sudah ikuti perubahan zaman. Tempat yang minim atau tidak sekian luas dapat juga menjadikan jadi masjid. Namun biasanya orang mengatakannya dengan musholla. Meskipun bangunan musholla juga membutuhkan satu kubah yang nanti kubah itu digunakan jadi penanda dengan terdapatnya musholla itu.

Bahan untuk pembuatan kubah juga bermacam- jenis ada kubah masjid bahan enamel. ada kubah aluminium serta banyak sekali lagi. Tidak cuma digunakan untuk penanada, musholla juga bertindak harusnya bangunan masjid seperti digunakan untuk kesibukan pengajian. Ornament yang digunakan untuk masjid minimalis biasanya juga sudah cukup lengkap karna dengan kelengkapan fasilitas yang didapat pula amka akan buat orang yang kerjakan melakukan beribadah di dalamnya pastinya merasa khusuk dalam lakukan ibadahnya. Desain masjid minimalis ini biasanya diterapkan di daerah atau di tempat yang minim juga akan tanah yang juga akan digunakan untuk buat satu masjid.

Desain Kubah Masjid

Masjid yakni tempat untuk melakukan beribadah kaum muslim. Saat ini sebagian orang banyak yang berlomba lomba guna untuk buat masjid maupun musholla agar banyak juga orang yang mendekatkan diri pada Allah SWT. Kubah sendiri sebenarnya tidak warisan murni dari agama islam namun kubah pada dahulu kala juga digunakan jadi hiasan eksterior bangunan gedung dan tempat peribadatan orang non muslim juga menggunakan kubah. Dengan begitu orang yang jual kubah masjid pun juga sudah semakin banyak, selain itu hatga kubah masjid yang ditawarkan juga beragam terkantuk bentuk kubahnya, ada yang berbentuk separuh lingkaran ada yang berbentuk kerucut dan ada yang berbentuk sama piringan.

Terlebih dulu buat kubah hal yang perlu diperhatikan untuk mendesain kubah masjid yakni bahan yang akan digunakan dalam membuatnya. Lantas dalam mendesain kubah, lebih dulu kubah masjid harus memperhatikan gabungan warna yang akan digunakan, jika warna yang dipadukan tidak pas jadi kubah yang akan di buat kurang enak untuk diliat. Karna bangunan kubah yaitu ornament puncak yang ada pada bangunan masjid, oleh karena itu kubah di buat semenarik mungkin, agar orang yang memandangnya akan terpukau. Ketika membangun sebuah masjid pasti peran seorang kontraktor kubah masjid juga diperlukan untuk membantu merampungkan pembangunan masjid.

Type dari kubah sendiri berbagai tipe ada yang berbentuk limas, kubah masjid berupa 1/2 bola serta segitiga. Beragamnya type dari kubah masjid karna di pengaruhi oleh akulturasi dari arsitektur masjid di timur tengah. Bentuk dari kubah saat ini tidak lepas dari mengembangnya pengetahuan arsitektur islam yang ada di semuanya dunia. Selain itu kubah juga menjadikan jadi symbol atau kekhasan pada bangunan masjid. Banyak factor yang merubah tipe dari bentuk kubah, namun yang paling merubah macam- jenis bentuk kubah yakni kekhasan dari satu daerah itu. Tipe kubah juga menggambarkan saat membuatnya, karna semasing periode tentunya memiliki cirri dari satu bangunan yang berbeda. Factor beda yang merubah bentuk kubah yaitu kualitas berbahan yang digunakan serta tipe memiliki bahan bisa pula merubah bentuk kubah yang akan di buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *