Masjid Ortakoy Istanbul

Masjid Ortakoy merupakan salah satu masjid tertua di kota istanbul, nama resmi dari majid ortakoy ini adalah buyuk mecidiye camii yang memiliki arti masjid agung kekaisaran sultan abdulmecid. Nama ortakoy yang ada pada masjid ini dikarenakan tempat bangunan masjid ini berdekatan dengan pelataran dari dermaga ortakoy, sehingga dari situ masjid ini dikenal dengan masjid ortakoy. Lokasi dari masjid Ortakoy Istanbul ini berada persis di tepi selat bosporus. Dengan tempatnya yang cukup memadai maka saat berkunjung ke sana akan disambut dengan pemandangan yang menawan. Selain itu masjid ortakoy ini adalah masjid paling terkenal di istanbul.

Selain tertua masjid ortakoy ini juga merupakan masjid romantis karena pada warna tembok masjid ini berwarna pink muda. Dengan letak masjid ini yang berdekatam dengan selat maka memberikan pemandangan yang begitu menakjubkan bagi yang mengunjunginya. Jembatan bosporus yang menjadi latar belakang pemandangan masjid ini merupakan jalan penghubung wilayah dari turki yang ada di sisi eropa dengan wilayah turki di sisi asia.

Sejarah Masjid Ortakoy

Lokasi tempat berdirinya Masjid Ortakoy ini sebenarnya tempat bangunan masjid yang didirikan oleh menant dari vizier ibrahim pasha pada tahun 1721, namun bangunan masjid tersebut hancur karena kerusuhan patrona halil. Sementara itu masjid yang saat ini berdiri didirikan oleh mahmut aga atas perintah sultan abdulmecid . Pada tahun 1853 peletakan batu pertama dilakukan dan untuk pembangunannya di antara tahun 1854 sampai 1856 yang berada di atas istana cantemir atau cantemir palace.

Masjid ortakoy ini didesain oleh arsitek armenia, garabet balyan dan juga anaknya nigogayos balyan yang mana juga merancang istana dan juga masjid dolmabache yang letak dari masjid ini juga tidak terlalu jauh dari letak masjid ortakoy ini. Ke dua arsitek ini yang berasal dari armenia ini merancang masjid ini menggunakan gaya neo baroque yang sangat elegan.

Arsitektur Masjid Ortakoy

Karena Masjid Ortakoy ini merupakan masjid resmi dari kesultanan maka untuk pembangunan Masjid Ortakoy dilengkapi dengan area harem dan juga kantor kesultanan, kedua tempat ini berada di lantai 2 di sebuah gedung yang memiliki denah U. Letaknya pun juga menyatu dengan bangunan utama dari Masjid Ortakoy ini.

Di bagian interior masjid ini memakai ukiran karya seni model neo baroque dengan tambahan warna pink atau merah muda yang paling banyak mendominasi. Dan banyak juga yang menyebutkan bahwa masjid ini merupakan masjid romantis. Bangunan dalam masjid ini terbagi beberapa ruang oleh sebuah pilar besar sehingga membentuk celah dan celah tersebut dipakai untuk meletakkan ukiran dan jjuga relief pada dinding masjid.

Bangunan yang tinggi juga dipakai untuk meletakkan jendela besar untuk jalan keluar masuknya udara segar secara alami. Selain sebagai keluar masuknya udara jendela ini bermanfaat untuk jalan cahaya yang masuk sebagai penerangan bagian dalam masjid. Dalam segi ukuran masjid ini bisa dibilang mungil dibanding dengan bangunan masjid lainnya yang ada di istanbul. Namun dengan arsitektur Masjid Ortakoy ini yang memakai gaya baroque sehingga jadikan masjid ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Dengan adanya jendela jendela besar ini jika pada waktu siang hari membuat bayangan indah. Beberapa panel kaligrafi di masjid ini dibuat sendiri oleh sultan abdulmajid. Di are masjid ini juga terdapat berbagai macam rumah makan dan juga galeri galeri seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *